Pengertian
Nilai
Nilai adalah sesuatu yang berharga,
bermutu, menunjukkan kualitas, dan
berguna bagi manusia.
Dari hasil
penelitiannya di 44 negara, Schwartz (1992, 1994) mengemukakan
adanya 10
tipe nilai
(value
types) yang dianut oleh manusia
:
- Power, Tujuan utama dari tipe nilai ini adalah pencapaian status sosial dan prestise, serta kontrol atau dominasi terhadap orang lain atau sumberdaya tertentu. Nilai khusus (spesific values) tipe nilai ini adalah social power, authority, wealth, preserving my public image dan social recognition.
- Achievement, Tujuan dari tipe nilai ini adalah keberhasilan pribadi dengan menunjukkan kompetensi sesuai standar sosial. Nilai khusus yang terdapat pada tipe nilai ini adalah: succesful, capable, ambitious, influential.
- Hedonism, Tipe nilai ini bersumber dari kebutuhan organismik dan kenikmatan yang diasosiasikan dengan pemuasan kebutuhan tersebut. Tipe nilai ini mengutamakan kesenangan dan kepuasa untuk diri sendiri. Nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah : pleasure, enjoying life.
- Stimulation, Tipe nilai ini bersumber dari kebutuhan organismik akan variasi dan rangsangan untuk menjaga agar aktivitas seseorang tetap pada tingkat yang optimal. Unsur biologis mempengaruhi variasi dari kebutuhan ini, dan ditambah pengaruh pengalaman sosial, akan menghasilkan perbedaan individual tentang pentingnya nilai ini. Tujuan motivasional dari tipe nilai ini adalah kegairahan, tantangan dalam hidup. Nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah : daring, varied life, exciting life.
- Self-direction, Tujuan utama dari tipe nilai ini adalah pikiran dan tindakan yang tidak terikat (independent), seperti memilih, mencipta, menyelidiki. Self-direction bersumber dari kebutuhan organismik akan kontrol dan penguasaan (mastery), serta interaksi dari tuntutan otonomi dan ketidakterikatan. Nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah : creativity, curious, freedom, choosing own goals, independent.
- Universalism, Tipe nilai ini termasuk nilai-nilai kematangan dan tindakan prososial. Tipe nilai ini mengutamakan penghargaan, toleransi, memahami orang lain, dan perlindungan terhadap kesejahteraan umat manusia. Contoh nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah : broad-minded, social justice, equality, wisdom, inner harmony.
Pengertian
Nilai
Benevolence,
Tipe
nilai ini lebih mendekati definisi sebelumnya tentang konsep prososial. Bila prososial lebih pada kesejahteraan
semua orang pada semua kondisi, tipe nilai
benevolence lebih
kepada orang lain yang dekat dari interaksi sehari-hari. Tipe ini dapat
berasal
dari dua macam kebutuhan, yaitu kebutuhan interaksi yang positif untuk mengembangkan kelompok, dan
kebutuhan organismik akan afiliasi. Tujuan
motivasional dari
tipe nilai ini adalah peningkatan kesejahteraan individu yang terlibat dalam kontak personal yang intim. Nilai
khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah :mhelpful,
honest, forgiving, responsible, loyal, true friendship, mature love.
Tradition,
Kelompok
dimana-mana mengembangkan simbol-simbol dan tingkah laku yang merepresentasikan pengalaman dan
nasib mereka bersama. Tradisi sebagian
besar diambil
dari ritus agama, keyakinan, dan norma bertingkah laku. Tujuan motivasional dari tipe nilai ini adalah
penghargaan, komitmen, dan penerimaan
terhadap kebiasaan,
tradisi, adat istiadat, atau agama. Nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah :
humble, devout, accepting my portion in life,
moderate, respect for tradition.
Conformity,
Tujuan
dari tipe nilai ini adalah pembatasan terhadap tingkah laku, dorongandorongan individu yang dipandang tidak sejalan dengan
harapan atau norma sosial.
Ini
diambil
dari kebutuhan individu untuk mengurangi perpecahan sosial saat
interaksi dan
fungsi kelompok tidak
berjalan dengan
baik. Nilai khusus yang
termasuk
tipe
nilai ini
adalah : politeness, obedient, honoring parents and elders, self discipline.
Security,
Tujuan
motivasional tipe nilai ini adalah mengutamakan keamanan, harmoni, dan stabilitas
masyarakat, hubungan antar manusia, dan diri sendiri. Ini berasal dari kebutuhan dasar individu dan kelompok. Tipe
nilai ini merupakan pencapaian dari
dua minat,
yaitu individual dan kolektif. Nilai khusus yang termasuk tipe nilai ini adalah : national security, social order, clean,
healthy, reciprocation of favors, family
security,
sense of belonging.
Empat
Tingkatan Nilai
- Nilai-nilai kenikmatan, nilai-nilai yang mengenakkan dan tidak mengenakkan yang menyebabkan orang senang atau menderita tidak enak
- Nilai-nilai kehidupan, nilai-nilai yang penting bagi kehidupan misalnya kesehatan, kesegaran jasmani, dan kesejahteraan umum
- Nilai-nilai kejiwaan, nilai keindahan, kebenaran maupun lingkungan
- Nilai-nilai Kerohanian :
- Nilai kebenaran yang bersumber pada akal (ratio, budi, cipta) manusia
- Nilai keindahan atau nilai estetis, yang bersumber pada perasaan manusia
- Nilai kebaikan atau nilai moral, yang bersumber pada unsur kehendak manusia
- Nilai religius, yang merupakan nilai kerohanian tertinggi dan mutlak. Nilai ini bersumber kepada kepercayaan atau keyakinan manusia
NILAI-NILAI KEMENTRIAN KEUANGAN
Nilai - Nilai Kementerian Keuangan
| |||
1.
|
INTEGRITAS
| : |
Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral
|
2.
|
PROFESIONALISME
| : |
Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi
|
3.
|
SINERGI
| : |
Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas
|
4.
|
PELAYANAN
| : |
Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman
|
5.
|
KESEMPURNAAN
| : |
Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik
|
SUMBER :
- PPT. Pertemuan II mata kuliah etika profesi oleh bapak Ali Azcham Noveansyah.
- http://www.kemenkeu.go.id/Page/nilai-nilai-kementerian-keuangan
- www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar